-->

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaat Jaringan Komputer ini merupakan kelanjutan dari artikel "Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang". Berdasarkan data dan informasi yang diambil dari wikipedia Pengertian Jaringan Komputer adalah : sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Jadi jaringan komputer itu intinya menguhubungkan beberapa komputer yang sering disebut dengan istilah komputer server dan komputer client. Komputer atau Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server. 
Langit Komputer - Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat Jaringan Komputer

Dari pengertian jaringan komputer diatas maka dapat diturunkan apakah fungsi jaringan komputer atau manfaat jaringan komputer bagi kehidupan manusia? berikut ini sebagian kecil dari manfaat jaringan komputer.
  • Resource sharing , bisa mengakses dan membuka data yang sama dalam waktu yang bersamaan walaupun dari tempat yang berbeda tergantung dengan jenis jaringan komputer yang digunakan.
  • Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya semua file dapat disimpan atau di copy ke dua, ketiga , atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila satu mesin rusak maka salinan di mesin lain bisa digunakan.
  • Menghemat uang. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kiro – kiro sepuluh kali lebih kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetapi harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ketidak seimbanggan rasio Harga/ Kinerja inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer – komputer Pribadi.
  • Sarana komunikasi,  jaringan komputer dapat membantu manusia dalam mempermudah komunikasi satu sama lain.
  • Menghemat Biaya, Jika disebuah lembaga membangun jaringan komputer maka salah satu manfaat yang dirasakan dari jaringan komputer itu adalah bisa menggunakan sebuah perangkat secara bersama sama, contoh printer, dengan jaringan komputer itu maka dalam sebuah lembaga tidak harus membeli banyak perangkat pendukung. silahkan baca "Cara Membangun Jaringan Satu Printer untuk Banyak Komputer".
Demikianlah artikel tentan "Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaat Jaringan Komputer" semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel