-->

Materi Sistem Keamanan Komputer dan Jaringan

LangitKomputer.com -   Penyebab berkembangnya virus dikomputer semakin banyak
semakin gampang untuk membuat virus atau program jahat dengan menggunakan alat bantu yang mudah dipakai.  Alat bantu tersebut itu kini banyak dipakai oleh penjahat tradisional yang tak mempunyai keahlian teknis kejahatan dunia maya.
LangitKomputer.com -   Level keamanan data

    Keamanan level 0 : keamanan fisik, merupakan keamanan tahap awal dari komputer security. Jika keamanan fisik tidak terjaga dengan baik, maka data-data bahkan hardware komputer sendiri tidak dapat diamankan.

    Keamanan level 1 : terdiri dari database, data security, keamanan dari PC itu sendiri, device, dan application. Contohnya : jika kita ingin database aman, maka kita harus memperhatikan dahulu apakah application yang dipakai untuk membuat desain database tersebut merupakan application yang sudah diakui keamanannya seperti oracle. Selain itu kita harus memperhatikan sisi lain yaitu data security. Data security adalah cara mendesain database tersebut. Device security adalah alat-alat apa yang dipakai supaya keamanan dari komputer terjaga. Computer security adalah keamanan fisik dari orang-orang yang tidak berhak mengakses komputer tempat datadase tersebut disimpan.
    
LangitKomputer.com - Materi Sistem Keamanan Komputer dan Jaringan
Keamanan level 2 : adalah network security. Komputer yang terhubung dengan jaringan sangat rawan dalam masalah keamanan, oleh karena itu keamanan level 2 harus dirancang supaya tidak terjadi kebocoran jaringan, akses ilegal yang dapat merusak keamanan data tersebut.
    Keamanan level 3 : adalah information security. Keamanan informasi yang kadang kala tidak begitu dipedulikan oleh administrator seperti memberikan password ke teman, atau menuliskannya dikertas, maka bisa menjadi sesuatu yang fatal jika informasi tersebut diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
    Keamanan level 4 : merupakan keamanan secara keseluruhan dari komputer. Jika level 1-3 sudah dapat dikerjakan dengan baik maka otomatis keamanan untuk level 4



LangitKomputer.com -   Karakteristik penyusup
Dewasa ini tidak ada sisi kehidupan manusia yang tidak menggunakan computer akibatnya timbul tindakan untuk bisa menyusupi system computer lain dan mengendalikanya. Untuk mengantisipasinya kita harus tahu karakteristik seorang penyusup antara lain:
1.             The Curious (Si Ingin Tahu) - tipe penyusup ini pada dasarnya tertarik menemukan jenis sistem dan data yang anda miliki.
2.         The Malicious (Si Perusak) - tipe penyusup ini berusaha untuk merusak sistem anda, atau merubah web page anda, atau sebaliknya membuat waktu dan uang anda kembali pulih.
3.            The High-Profile Intruder (Si Profil Tinggi) - tipe penyusup ini berusaha menggunakan sistem anda untuk memperoleh popularitas dan ketenaran. Dia mungkin menggunakan sistem profil tinggi anda untuk mengiklankan kemampuannya.
4.            The Competition (Si Pesaing) - tipe penyusup ini tertarik pada data yang anda miliki dalam sistem anda. Ia mungkin seseorang yang beranggapan bahwa anda memiliki sesuatu yang dapat menguntungkannya secara keuangan atau sebaliknya

LangitKomputer.com -   Istilah bagi penyusup :

1.      Mundane ; tahu mengenai hacking tapi tidak mengetahui metode dan prosesnya.
2.     lamer (script kiddies) ; mencoba script2 yang pernah di buat oleh aktivis hacking, tapi tidak paham bagaimana cara membuatnya.
3.     wannabe ; paham sedikit metode hacking, dan sudah mulai berhasil menerobos sehingga berfalsafah ; HACK IS MY RELIGION.
4.     larva (newbie) ; penyusup pemula, teknik hacking mulai dikuasai dengan baik, sering bereksperimen.
5.      penyusup ; aktivitas hacking sebagai profesi.
6.      wizard ; penyusup yang membuat komunitas pembelajaran di antara mereka.
7.     guru ; master of the master penyusup, lebih mengarah ke penciptaan tools-tools yang powerfull yang salah satunya dapat menunjang aktivitas hacking, namun lebih jadi tools pemrograman system yang umum.
LangitKomputer.com -   Aspek keamanan computer
Ø  Integrity: keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam perjalanan informasi tersebut.
Ø  Privacy : merupakan lebih kearah data-data yang sifatnya privat (pribadi)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel