-->

Penyebab Komputer Restart Sendiri, Solusi Masalahnya dan Cara Mengatasinya

LangitKomputer.com | Penyebab Komputer Restart Sendiri, Solusi Masalahnya dan Cara Mengatasinya - Masalah komputer restart sendiri mungkin jarang dialami bahkan langka untuk komputer baru. Namun bagi anda pembaca LangitKomputer yang sudah menggunakan laptop atau komputer sekian lama bisa jadi salah satu permasalahan yang anda temukan adalah komputer yang sering restart sendiri terus menerus baik saat main game atau aktifitas lainnya. Permasalahan komputer restart sendiri sangat kompleks antara lain restart saat masuk windows, restart sebelum masuk windows dan lainnya. Dalam artikel singkat berikut ini kita akan bahas penyebab komputer/laptop restart sendiri beserta cara mengatasi komputer restart sendiri.
LangitKomputer.com - Penyebab Komputer Restart Sendiri, Solusi Masalahnya dan Cara Mengatasinya

Terkadang tanpa diotak atik, tiba tiba komputer yang sedang dioperasikan mati sendiri kemudian menyala kembali (resatart). Akhirnya pekerjaan yang belum sempat diamankan akan terganggu dan tentu ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Setelah googling, bustany menemukan cara mengatasi komputer yang sering mati sendiri atau restart. Banyak hal yang mempengaruhi dan menyebabkan laptop yang digunakan mati sendiri, dalam kesempatan ini bustany coba uraikan lagi dengan bahasa penyampaian bustany sendiri.
Berdasarkan analisa dan kejadian yang juga perah dialami oleh teman bustany setidaknya ada beberapa faktor berikut iini yang menjadi biang kerok komputer restart sendiri yaitu antara lain;

Komputer sering restart disebabkan oleh Processor kepanasan (demam tinggi)

Prosessor yang mengalami panas yang berlebihan tidak hanya mempengaruhi dan menyebabkan komputer sering restart, bahkan bisa juga berdampak tidak bisa masuk ke Booting seperti yang dipaparkan secara lengkap pada artikel “[06] CPU Gak Bisa Booting Karena Processor Kepanasan”.

Processor yang mengalami panas tinggi (overheat) seakan akan demam ini adalah salah satu penyebab utama komputer anda atau sering restart sendiri. Nah, diantara penyebab prosessor ini menjadi demam tinggi adalah;

Kipas pendingin yang mendampingi kinerja processor tidak bekerja sebagaimana mestinya. Fan (kipas angin) bisa tidak bekerja maksimal dan tersendat sendat disebbakan oleh debu. Debu yang menumpuk di sirip sirip kipas pendingin ini sebaiknya dibersihkan dengan kuas. Untuk lebih lanjut tekniknya silahkan search di blog ini dengan keyword “processor”.

Faktor kedua penyebab processor ini overheat adalah thermal paste sudah kering.  Fungsi thermal paste  adalah menjadi perekat antara Processor dan Pendinginnya.

Jika sudah mengetahui penyebab overheat pada processor diatas maka tahap selanjutnya perlu diketahui juga cara mengecek apakahh komputer mengalami overheat atau tidak dengan mengikuti beberapa cara berikut ini;

Memerikasa kondisi temperatur atau suhu komputer pada menu Hardware Monitor di BIOS
Menggunakan software dari pengembang yang memiliki kemampuan memantau temperatur sebagai contoh software CPUID Hardware Monitor
Memeriksa suhu komputer dengan meletakkan tangan di bagian temperatur tepatnya dibagian pendingin, hal ini agak repot sedikit karena harus membuka casing CPU.

Untuk menghindari berulangnya lagi permasalah restart sendiri ini setelah melakukan perbaikan dan tindakan diatas maka ada baiknya sobat bustany selalu membersihkan debu yang terdapat dalam casing CPU serta pendingi processor itu sendiri. Bustany sendiri sering membersihkannya dengan hair dryer J. Atau apa saja bisa, asalkan bersih seperti kuas kecil yang lembut.
Jangan lupa mengganti thermal paste jika memang perekat itu sudah kering agar kinerja komputer yang kita gunakan memang bekerja dengan maksimal.

Demikianlah artikel cara memperbaiki komputer sering restart sendiri karena permasalah processor yang panas tinggi, walaupun sebenarnya bukan hanya karena faktor processor pada kesempatan yang lain akan disinggun penyebab komputer restart sendiri lainnya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca "Belajar Komputer, Service Laptop dan Belajar Web Internet Untuk Pemula" Disana dipaparkan lebih lanjut semua pembahasan Ilmu Komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel