-->

SMS Tidak Terkirim/SMS Gagal Terkirim Sim Card Rusak

LangitKomputer | SMS Tidak Terkirim/SMS Gagal Terkirim - Tadi siang ada seorang pelanggan mampir ke ruko dengan keluhan tidak bisa kirim sms, setiap melakukan pengiriman SMS pasti gagal. Begitu keluhannya kepada admin Langit Komputer. kartu simpatinya tidak bisa kirim sms sementara nepon bisa. hp pelanggan yang tidak bisa kirim sms ini adalah android dengan merk?? apa yuaaa?? ah, ane lupa. yang jelas dia make telkomse tepatnya kartu simpati." kenapa tidak bisa kirim sms bg? bisa gak diperbaiki"? tanya pelanggan. 
SMS Tidak Terkirim/SMS Gagal Terkirim Sim Card Rusak

admin ambil hp android nya yang tidak bisa sms itu dan coba untuk mengotak atik HP nya. ternyata kesalahannya sangat kecil dan sepele sekali, apa kesalahannya? SMS tidak terkirim atau sms gagal terkirim karena nomor pusat pesannya salah. Terus apa nomor pusat pesan yang benar? Berikut penjelasannya. (Baca juga : Cara Gratis SMS Web Semua Operator)

Atur Nomor Pusat Pesan Sesuai Provider

Nomor layanan pusat pesan lengkap adalah seperti dibawah ini;
Telkomsel: +6281100000
IM3: +62855000000
Mentari: +62816124
Matrix: +6281615
XL: +62818445009
Axis: +628315000032
Three: +6289644000001
Catatan :
Jika satu angka saja beda dari nomor pusat pesan diatas, maka sudah dipastikan ini lah penyebab SMS tidak terkirim atau SMS gagal terkirim. Jika terjadi demikian maka tinggal atur atau setting nomor pusat pesannya caranya ;
Masuk ke menu Messaging – Options – Settings – Text Message – Message centres. masukkan nomor pusat pesan seperti yang diatas.
Untuk anda yang menggunakan android jika memiliki masalah yang sama sms tidak terkirim maka berikut ini panduan dan cara memperbaiki hp android yang tidak bisa kirim SMS.

Tidak Bisa Kirim SMS di Android

- Buka Android, masuk ke Pesan ,Pilih Menu dan Pilih Pengaturan.

Tidak Bisa Kirim SMS di Android - LangitKomputer.com

- pada menu Pusat Pesan pastikan sudah seperti yang dijabarkan diatas, sesuaikan dengan provider yang anda gunakan.
Tidak Bisa Kirim SMS di Android - LangitKomputer.com
Selain cara diatas bisa juga dengan cara lain untuk mengatasi SMS tidak terkirim dengan mengakses dari Android Anda dengan melakukan Call *#*#4636#*#* lalu pilih Informasi Telepon kemudian masukkan SMSC, dengan memasukkan nomor message center atau pusat pesan dengan berawalan +62 sebagai kode Indonesia.
Tidak Bisa Kirim SMS di Android - LangitKomputer.comTidak Bisa Kirim SMS di Android - LangitKomputer.com



Jika anda sudah memasukkan nomor pusat pesan dengan benar, namun masih gagal juga pengiriman pesannya maka bisa jadi kerusakan pada kartu atau simcard yang anda gunakan, untuk memprebaiki dan mengatasinya silahkan lakukan berikut ini.
 

Cara Memperbaiki Tidak Bisa Kirim SMS Karena Sim Card Rusak


1. Tekan menu pada HP, lalu masuk "Pengaturan". pilih "Pengaturan Telpon", kemudian pilih "Pengaturan Jaringan" atau "Pilihan Operator"

2. Setelah masuk pilihan operator, nanti akan ada dua pilihan "Otomatis" dan "Manual".

Cara Memperbaiki Tidak Bisa Kirim SMS Karena Sim Card Rusak

3. Pilih yang manual dan tunggu hingga jaringan ditemukan. Setelah jaringan ditemukan pilih jaringan yg bukan jaringan kartu yang anda gunakan.

Cara Memperbaiki Tidak Bisa Kirim SMS Karena Sim Card Rusak

Misalnya anda menggunakan kartu telkomsel, maka pilih jaringan XL atau yang lain yang tertangkap sinyalnya. Tunggu setelah pencarian jaringan gagal. Baru pilih jaringan sesuai jaringan kartu yang anda gunakan. Tunggu sampai pencarian jaringan ditemukan.

4. Dan selesai.
Sekarang restart lagi hp nya dan coba kirim sms, bisa gak? 
 
Demikianlah artikel SMS Tidak Terkirim/SMS Gagal Terkirim Sim Card Rusak, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel